k o k o r o n a k a n i

makan, jalan-jalan, curhat, tertawa, senang-senang















Thursday, June 05, 2014

Hidup pejuang ASI!!!

Ketika saat pumping tiba....
#maap late post banget :-D#

Gue adalah orang yang ketinggalan banget soal pumping T__T gue nggak cari tau banyak hal soal ASI, kapan mulai nyimpen ASI untuk ditinggal kerja, dll. Jadilah gue belom punya breastpump di saat gue udah melahirkan. Bodoh banget deh gue pokoknya, sampe nyesel kenapa kemaren2 nggak cari banyak info tentang ASI, gue terlalu terfokus sama kehamilan gue. Alhamdulillah gue nemu blog ini waktu lagi cari referensi breastpump : http://anggania.blogspot.com/2010/12/tips-memilih-pompa-asi-breastpump.html. Asli ini ngebantu bangetttt.... Gue udah tau pengen beli apa *yippieee*. Eh tau2 suami pulang udah bawa breastpump aja gitu hadeuhhh....dan dibeli lah merk yang menurut info di blog itu adalah breastpump yang paling lemot T__T. Tapi ya sudahlah, pake aja dulu daripada nggak ada sama sekali.

Untuk para new mom, ini ada bacaan bagus untuk meningkatkan ASI & menyemangati pejuang ASI yang emang pengen ngasih ASI ke anaknya sampe 2 tahun. ASI gue belom melimpah kayak Ibu2 yang laen, tapi gue nggak mau patah semangat. I'll do my best for my Qisya! Yaa... sempet juga sih ngerasain baby blues karena ASI, sebulan lah gue nangis aja kerjaannya, setengah semangat - setengahnya lagi down karena banyak orang nggak percaya sama ASI gue T__T padahal yang gue butuhin dari mereka cuma "rasa percaya" untuk terus menyemangati gue yang baru jadi busui (ibu menyusui) ini. Akhirnya gue memilih untuk mensyukuri porsi ASI yang Allah kasih buat gue & Qisya, gue yakin kok Allah nggak pernah tidur, Allah nggak akan nyia2in perjuangan ASIP gue yang sampe begadang tengah malem ini. InsyaAllah gue yakin bisa kasih ASI sampe Qisya 2th dengan porsi yang Allah kasih. Gue nemuin blog yang bener2 menghidupkan semangat gue yang sempet jatuh bangun ini. Asi sedikit itu bukan takdir!!! Let's read this : http://mastrisradyamas.blogspot.com/2013/07/benarkah-asi-sedikit-itu-takdir.html.
  • Jangan tunggu payudara terasa ‘kencang’ atau bengkak baru menyusui. Susui bayi sesering mungkin karena isapannya akan merangsang produksi ASI.
  • Jangan berikan susu formula kalau bayi masih menangis. Mungkin posisi perlekatan mulutnya pada payudara yang kurang pas.
  • Pilih menu makanan berkuah banyak. Makan sayuran berkuah dan kaldu 2 mangkuk per hari. Habiskan sayur beserta kuahnya.
  • Banyak minum air putih. Untuk ibu menyusui paling tidak 3 liter per hari.
  • Sering-seringlah menyusui di malam hari. Menyusui di malam hari akan meningkatkan hormon prolaktin yang mampu meningkatkan produksi ASI.
  • Cukup istirahat dan hindari stres.
Waktu Qisya belum 1 bulan, gue keteteran banget untuk pumping, malah cek cok mulu sama si Mama, soalnya waktu nyusuin nya yg 3 jam sekali itu bikin gue nggak bisa berkutik tapi gue tetep bersikeras untuk curi2 waktu pumping. Alhamdulillah masuk 2 bulan si Qisya bobo malemnya udah anteng, palingan bangun jam 4 atau jam 5 pagi. Gue coba susuin jam 2 atau jam 3 eh Qisya nya nggak mau, ya udah besok2nya gue nyusuin as her request aja hehehee....

Alarm pumping tengah malem gue itu jam 12 sampe jam 1 malem *hoamm...*, soalnya jam 4 Qisya udah haus. Ngeliat ASIP (air susu ibu perah) gue makin hari makin banyak itu rasanya kayak dikasih air surga sama Allah hahaa.... Senenggggg bangetttttt....... Kalo misalnya ada tawaran untuk one week tour ke luar negri gratisan sama nyusuin & pumping buat Qisya, dengan mantap gue akan memilih pilihan yang ke dua. Moment2 nyusuin Qisya & perjuangan pumping itu jauh lebih berharga buat gue karena rasanya itu "lelah yang menyenangkan" banget ^__^ dannn....beginilah rutininas makan gue sekarang *yippiiieee* abis pumping pasti gue minum susu + makan cemilan, karena rasa lapernya itu luarrrrr biasa hebatnya, abis makan aja gue nggak ngerasa kenyang padahal abis makan gue udah minum susu juga. Porsi makan gue aja udah nggak ketulungan, nggak bisa brenti laper, tapi gue seneng untuk menggendut dengan cara ini hahaa.... Alhamdulillah berat badan ikutan naik 4kg setelah melahirkan. Cuma perut aja yang masih membuncit yang kata suami gue "ini perut apa tetelan, mi?" T__T

Ini ada tabel untuk mengetahui cara penyimpanan & pemberian ASIP. Semoga bermanfaat :)

Semangat pejuang ASI!!! Let's do it with FUN!!!
Menyusui itu menyenangkan ^__^

*mari makannn....- entah ini makan yang keberapa kalinya di pertengahan hari ini*

with love,

0 comment:

Post a Comment

nikmati dan berkomentarlah sesukamu