k o k o r o n a k a n i

makan, jalan-jalan, curhat, tertawa, senang-senang















Wednesday, July 07, 2010

Nasi Goreng Ikan Teri

Sepertinya kebiasaan keluyuran gue akan sangat berkurang dan berganti dengan acara belajar masak memasak di rumah :-) *kedengerannya nice banget yach? hihihi.....

one day...yang notabenenya itu weekend, gue asli nggak kemana-mana seharian itu. gue inget di kulkas masih ada ikan teri bungkusan yang entah gue beli udah dari tahun kapan tapi belum dimasak juga. trus, di magic com masih ada nasi yang lumayan banyak. daripada bingung mau sarapan apa, ya udah dengan gaya Farah Quen wanna be :-D (tapi diplesetin jadi 'farah sekali' hiks!!!! tega!!!) langsung gue siapin bahan-bahan untuk bikin nasi goreng.


bahan-bahan yang perlu disiapin untuk bikin nasgor ikan teri ini sbb :
1. nasi putih (kalau bisa yang agak pera', biar jadi nasgor nya itu lebih enak untuk di kunyah)
2. cabai merah (sesuai selera, kalau suka yg pedes - oke banget di tambahin cabai rawit merah)
3. bawang (kalau untuk porsi 3 piring, bawang merahnya bisa 5 siung, dan bawang putihnya 2 siung)
4. garam (1 sdt)
5. msg / mecin / penyedap rasa (secukupnya, kalau gue sih biasanya nggak banyak, paling cuma seujung sendok yang ukurannya kecil banget, soalnya msg kan nggak bagus buat kesehatan)

cara membuatnya :
kalau mau ditambahin 'ornamen' yang lain juga boleh, misalnya potongan bakso, potongan sosis, atau orek telur. berhubung nasgor ini pakai ikan teri, jadi ikan terinya di sangrai dulu sebentar di atas wajan (tanpa minyak goreng). gue juga nambahin potongan bakso (yang juga disangrai dulu).

--> cabai, garam, & bawang di ulek jadi 1 hingga halus. sisain sedikit cabainya untuk di potong kecil dan dimasukkan ketika nasinya sedang digoreng.
--> panaskan minyak goreng (jangan terlalu banyak), kalau sudah panas - langsung masukkan bumbu-bumbu yang sudah di haluskan tadi. tumis hingga wanginya tercium. setelah itu masukkan nasi sedikit demi sedikit agar nasi tercampur rata dengan bumbunya.
--> masukkan potongan cabai, penyedap rasa, bakso, & ikan teri

silahkan di cicipi, kalau rasanya masih kurang ya silahkan tambahkan bumbunya. tapi kalau sudah oke, NASGOR SIAP UNTUK DISAJIKAN dan DISANTAP BERSAMA KELUARGA.

note : ini nasgor perdana gue tanpa kecap loh.. dan plus ikan teri. ternyata rasanya enak juga, nasgor se-penggorengan besar yang gue bikin - habis disantap keluarga besar gue loh. * jadi dong nih - ratih si farah quen wanna be nya ;-)

lekkerrrrrr.....and so simple right?!
jadi, silahkan mencobanya dirumah & nikmati prosesnya.
selamat memasak dengan 'ber-trial & error' yach...

with love,

0 comment:

Post a Comment

nikmati dan berkomentarlah sesukamu